Tugas APSI 4

 

Seleksi dan Manajemen Proyek Aplikasi E-Commerce Penjualan Online

 

Seleksi Proyek

Seleksi proyek adalah proses untuk memilih proyek yang akan dijalankan oleh suatu organisasi. Proses ini melibatkan evaluasi dan pemilihan proyek berdasarkan kriteria dan tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari seleksi proyek adalah memastikan bahwa proyek yang dipilih akan memberikan manfaat dan nilai tambah yang optimal bagi organisasi.

Manajemen Proyek

Manajemen proyek melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengarahan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan proyek yang telah ditetapkan. Tujuan utama dari manajemen proyek adalah untuk mencapai hasil proyek yang memenuhi persyaratan waktu, biaya, dan kualitas yang telah ditetapkan.

Metodologi Proyek

Metodologi yang digunakan untuk membangun proyek ini adalah menggunakan metodologi Agile Development. Metodologi Agile adalah pendekatan manajemen proyek yang fokus pada fleksibilitas, kolaborasi tim, dan pengiriman inkremental dari hasil proyek. Pendekatan ini menggantikan pendekatan tradisional waterfall yang lebih linier dan terstruktur. Agile menekankan adaptabilitas, transparansi, dan responsivitas terhadap perubahan yang terjadi selama siklus proyek.





Metodologi Agile mempromosikan fleksibilitas, kecepatan, dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam pengembangan proyek. Hal ini memungkinkan tim untuk merespons perubahan dengan cepat, mengurangi risiko kegagalan proyek, dan menghasilkan produk yang lebih adaptif terhadap kebutuhan pelanggan.

Study Kasus

Dalam perkembangan dunia teknologi dan informasi yang begitu cepat dalam setiap tahunnya maka setiap aspek kehidupan mulai berubah mengarah kepada dunia online.Dimana salah satu aspek tersebut yaitu aktivitas jual-beli.Oleh karena itu saya memilih menyimulasikan proyek ini dalam aplikasi E-commerce Penjualan Online.Dalam proyek ini aktivitas jual beli semua di lakukan secara online dan begitu juga transaksi nya.

Perencanaan Kerja

Berikut merupakan tabel perencanaan untuk pembuatan aplikasi E-Commerce penjualan Online

 

ID

Task Name

Assigned To

Estimate Time

Dependency

Status

1

Analisis Kebutuhan

Tim Analisis

2 minggu

-

open

2

Desain UI/UX

Tim Desain

1 minggu

1

open

3

Pembuatan Database

Tim Pengembangan

3 minggu

1

open

4

Pembuatan Fitur Login

Tim Pengembangan

1 minggu

1

open

5

Integrasi Payment Gateway

Tim Pengembangan

2 minggu

3, 4

open

6

Pengujian Fungsional

Tim QA

2 minggu

2, 3, 4

open

7

Penyempurnaan Desain

Tim Desain

1 minggu

2

open

8

Implementasi Fitur Checkout

Tim Pengembangan

1 minggu

4, 5, 6

open

9

Pengujian Keseluruhan

Tim QA

1 minggu

6, 8

open

10

Peluncuran Aplikasi

Tim Operasional

1 minggu

9

open

 

Perencanaan Tim

Berikut adalah rencana struktur tim yang akan digunakan dalam kasus ini. Dalam menjalankan bisnis ini, dipimpin oleh seorang Proyek manager yang membawahi 5 divisi utama.



Strategi Bisnis

Berikut merupakan strategi utama dalam pengembangan aplikasi E-Commerce Penjulan Online.

No.

Strategi Bisnis

1

Pemahaman pasar dan target audiens

2

Pengembangan merek dan identitas visual

3

Pengalaman pengguna yang unggul

4

Kualitas produk dan layanan

5

Pemasaran digital efektif

6

Kemitraan strategis dengan pemasok dan mitra bisnis

7

Analisis data dan pengambilan keputusan berdasarkan

8

Peningkatan terus-menerus dan inovasi

9

Layanan pelanggan yang responsif dan personalisasi

10

Keamanan dan perlindungan data pelanggan

11

Fleksibilitas dan adaptabilitas aplikasi

12

Strategi penetapan harga yang kompetitif

13

Pengembangan dan optimisasi kanal penjualan online

14

Riset pasar dan pemantauan pesaing

15

Logistik dan pengiriman yang efisien dan andal

  

Penugasan Tim

Berikut adalah penugasan tim untuk membangun proyek Aplikasi E-Commerce Penjualan Online:

Tim

Tugas

Tim Bisnis

Bertanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan pelanggan, merencanakan strategi bisnis, mengatur peluncuran aplikasi, dan melakukan pemantauan dan evaluasi kegiatan bisnis.

Tim Desain

Menangani desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk memastikan aplikasi memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna.

Tim Pengembang

Melakukan pengembangan backend dan frontend aplikasi berdasarkan kebutuhan yang telah dianalisis, serta mengintegrasikan sistem pembayaran online dengan aplikasi.

Tim QA

Bertanggung jawab untuk melakukan pengujian dan debugging aplikasi, memastikan kualitas dan keandalan aplikasi sebelum diluncurkan ke publik.

Tim Pemasaran

Menangani strategi pemasaran dan promosi aplikasi, termasuk pengembangan kampanye pemasaran, pengelolaan media sosial, dan upaya meningkatkan kesadaran dan penerimaan aplikasi.

 

Kontrak Kerja

Berikut adalah kontrak kerja untuk membangun proyek Aplikasi E-Commerce Penjualan Online :

 

 

No

 Kontrak Kerja

1

Tujuan kerja yang diharapkan: Menjalankan bisnis penjualan baju online dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.

2

Jabatan dan tanggung jawab: Menjabat pada posisi yang ditetapkan dan bertanggung jawab atas tugas dan fungsi yang diemban pada posisi tersebut.

3

Jam kerja: Menjalankan tugas dan fungsi pekerjaan sesuai dengan jam kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

4

Ketaatan terhadap peraturan: Melaksanakan tugas dan fungsi pekerjaan sesuai dengan ketentuan peraturan perusahaan, hukum dan peraturan yang berlaku.

5

Kerahasiaan informasi: Menjaga kerahasiaan informasi dan tidak membocorkan informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan.

6

Kinerja dan kualitas: Menjaga kinerja dan kualitas kerja pada level yang diharapkan oleh perusahaan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.

7

Keterampilan dan pengembangan: Meningkatkan keterampilan dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan tugas dan fungsi pekerjaan, serta memperbaharui pengetahuan sesuai perkembangan teknologi dan bisnis.

8

Kerjasama dan kepemimpinan: Membangun kerjasama yang baik dengan rekan kerja dan atasan, serta menunjukkan kepemimpinan yang baik pada bawahan atau anggota tim yang dipimpin.

9

Keselamatan dan kesehatan kerja: Menjaga keselamatan dan kesehatan kerja sendiri dan rekan kerja, serta mengikuti aturan dan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja yang ditetapkan oleh perusahaan.

10

Penyelesaian perselisihan: Menyelesaikan perselisihan atau perbedaan pendapat dengan rekan kerja atau atasan melalui jalur komunikasi dan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

 

Standar Kerja

standarisasi kerja tim untuk membangun proyek Aplikasi E-Commerce Penjualan Online :

No.

Standarisasi Kerja

1

Komunikasi teratur dan efektif

2

Pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas

3

Jadwal rapat tim yang teratur

4

Penggunaan alat kolaborasi online

5

Pelaporan kemajuan proyek secara berkala

6

Rencana proyek yang terstruktur

7

Pengaturan prioritas tugas

8

Pengelolaan risiko dan pemecahan masalah

9

Dokumentasi proyek yang komprehensif

10

Evaluasi dan umpan balik secara berkala

  

Manajemen Resiko

Manajemen resiko dibutuhkan untuk mencegah adanya efek yang sangat merugikan dalam setiap permasalahan yang ada. Berikut permalahan yang berpotensi akan di hadapin :

No.

Risiko

Deskripsi

Dampak

Tindakan Pencegahan

Tindakan Penanggulangan

1

Keamanan Data

Risiko terhadap kebocoran data pelanggan atau serangan siber yang dapat merugikan bisnis

Kerugian finansial

Implementasi protokol keamanan

Pemantauan keamanan secara rutin

2

Keterbatasan Infrastruktur

Risiko keterbatasan dalam kapasitas server, jaringan internet, atau sistem pendukung lainnya

Downtime aplikasi

Skala infrastruktur

Backup dan rencana pemulihan

3

Kehilangan Koneksi Internet

Risiko kehilangan koneksi internet yang dapat menghentikan aktivitas penjualan online

Hilangnya pelanggan

Backup koneksi internet

Penggunaan penyedia layanan internet cadangan

4

Ketidaksesuaian dengan Peraturan

Risiko melanggar peraturan dan kebijakan privasi data pelanggan atau perdagangan online

Sanksi hukum

Pemahaman dan kepatuhan

Audit kepatuhan dan peraturan

5

Persaingan yang Ketat

Risiko persaingan bisnis yang ketat dengan pesaing lainnya dalam industri e-commerce

Penurunan pendapatan

Analisis pesaing dan strategi

Inovasi produk dan pelayanan

6

Perubahan Kebutuhan Pelanggan

Risiko perubahan kebutuhan pelanggan yang dapat mengakibatkan penurunan minat atau penjualan

Penurunan pendapatan

Riset pasar dan pelanggan

Penyesuaian produk dan pemasaran

7

Ketergantungan pada Pihak Ketiga

Risiko ketergantungan pada pihak ketiga, seperti penyedia hosting atau sistem pembayaran online

Kerugian operasional

Evaluasi dan kontrak yang jelas

Diversifikasi dan cadangan pihak ketiga

 

Referensi : 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 PBKK

EAS

Tugas ke 9